Mengenai Saya

Foto saya
Nama saya Boy Sitompul, biasa dipanggil Boy/Bostom. Saya bersekolah di SMP YPJ Internasional School. Mengoleksi gambar-gambar motor adalah hobby saya. Semoga blog ini bisa membuat anda terkesan.

Senin, 29 Agustus 2011

Cara Membawa Motor Kopling

Di dunia ini sekarang penuh dengan ciptaan-ciptaan yang telah dibuat. Seperti, pembuatan motor, mobil, alat-alat canggih, dll. Disini saya akan mengajarkan bagaimana cara membawa motor yang memakai kopling.

Pertama, kita harus menstarter motor kopling tesebut. Caranya, tekanlah kopling yang ada di sebelah kiri, tapi takannya itu harus setangah saja, agar tali koplingnya tidak putus. terus, tekanlah starter yang ada di sebelah kanan sambil menggasnya secara perlahan-lahan. Pastikan motor tetap Netral, agar motor tidak mati jika sedang di starter.

Kedua, untuk menjalankan motor, masukanlah gigi 1 kedepan, dengan cara menekan kopling setengah dan menggasnya pelan-pelan.Cara kita menggas dan menekan kopling harus seimbang, supaya motor tersebuat tidak mati lagi. Setelah motor berjalan, kita harus mengganti gigi 1 dengan cepat, agar suara motornya jadi sesuai. Caranya sama, yaitu menekan kopling setengah tapi mengganti giginya ke belakang dan menggasnya perlahan-lahan seperti memasukan gigi 1. Jika anda mau mengganti gigi menjadi berat, ingatlah bahwa itu hanya bisa diganti kebelakang, dan kalau mau mengganti gigi ringan, tekanlah ke depan. Ingat, gigi yang hanya cuma bisa ganti kedepan, hanyalah gigi 1, sedangkan gigi yang lainnya semua kebelakang.

Ketiga, jika anda mau berhenti, ingatlah bahwa gigi tersebut harus ringan supaya motornya tidak mati dan ingatalah selalu menekan kopling motor jika anda mau berhenti, atau mengganti gigi, atau memainkan gas pada motor. Cara memainkan gas pada motor sangatlah mudah tapi anda harus berhati-hati dalam memainkannya. Caranya, anda tinggal menekan kopling pada motor tersebut, dan memainkan gasnya.

Ingatlah, jika anda mau menjalankan motor, harus melihat sudah masuk di gigi berapakah motor anda tersebut. Karena kalu tidak, maka bisa berakibat fatal bagi anda. Oleh karena itu haruslah berhati-hati dalam membawa motor yang menggunakan kopling.

Semoga penjelasan saya ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin sekali membawa motor yang menggunakan kopling.
                                                                                                                 
salam saya, Boy Sitompul.

Selasa, 16 Agustus 2011

Motor tanpa bahan bakar

motor tanpa bahan bakar Bensin
Tak peduli dimana Anda pergi, sejumlah kendaraan listrik mulai marak, entah sekadar konsep atau motor nyata. Kendaraan semacam ini menjadi hal utama dibicarakan di komunitas.
Dalam dunia roda dua, tak banyak pilihan yang bisa ditemui. Namun Voltra Electric Motorcycle ini memberi angin segar bagi Anda. Seperti tampak, motor tanpa bahan bakar Bensin ini seakan menunjukkan mampu melaju di segala medan.
Jika Anda mulai memikirkan memakai motor yang peduli lingkungan, motor ini bisa menjadi pilihannya.

Pencipta Motor Honda

*Kisah Perjalanan Soichiro "Honda"*
Kisah Perjalanan Soichiro "Honda" sang pencipta kendaraan bermotor *HONDA
*
Saat merintis bisnisnya Soichiro Honda selalu diliputi kegagalan. Ia sempat
jatuh sakit, kehabisan uang, dikeluarkan dari kuliah. Namun ia trus bermimpi
dan bermimpi...

Cobalah amati kendaraan yang melintasi jalan raya. Pasti, mata Anda selalu
terbentur pada Honda, baik berupa mobil maupun motor. Merk kendaran ini
menyesaki padatnya lalu lintas, sehingga layak dijuluki "raja jalanan".

Namun, pernahkah Anda tahu, sang pendiri "kerajaan" Honda - Soichiro Honda -
diliputi kegagalan. Ia juga tidak menyandang gelar insinyur, lebih-lebih
Profesor seperti halnya B.J. Habibie, mantan Presiden RI. Ia bukan siswa
yang memiliki otak cemerlang. Di kelas, duduknya tidak pernah di
depan,selalu menjauh dari pandangan guru.

"Nilaiku jelek di sekolah. Tapi saya tidak bersedih, karena dunia saya
disekitar mesin, motor dan sepeda," tutur tokoh ini, yang meninggal pada
usia 84 tahun, setelah dirawat di RS Juntendo, Tokyo, akibat mengindap
lever.

Kecintaannya kepada mesin, mungkin 'warisan' dari ayahnya yang membuka
bengkel reparasi pertanian, di dusun Kamyo, distrik Shizuko, Jepang Tengah,
tempat kelahiran Soichiro Honda. Di bengkel, ayahnya memberi cathut (kakak
tua) untuk mencabut paku. Ia juga sering bermain di tempat penggilingan padi
melihat mesin diesel yang menjadi motor penggeraknya.

Di situ, lelaki kelahiran 17 November 1906, ini dapat terdiam diri
berjam-jam. Di usia 8 tahun, ia mengayuh sepeda sejauh 10 mil, hanya ingin
menyaksikan pesawat terbang. Ternyata, minatnya pada mesin, tidak sia-sia.
Ketika usianya 12 tahun, Honda berhasil menciptakan sebuah sepeda pancal
dengan model rem kaki. Tapi, benaknya tidak bermimpi menjadi usahawan
otomotif. Ia sadar berasal dari keluarga miskin.

Apalagi fisiknya lemah, tidak tampan, sehingga membuatnya rendah diri.

Di usia 15 tahun, Honda hijrah ke Jepang, bekerja Hart Shokai Company.

Bosnya, Saka Kibara, sangat senang melihat cara kerjanya. Honda teliti dan
cekatan dalam soal mesin. Setiap suara yang mencurigakan, setiap oli yang
bocor, tidak luput dari perhatiannya. Enam tahun bekerja disitu, menambah
wawasannya tentang permesinan. Akhirnya, pada usia 21 tahun, bosnya
mengusulkan membuka suatu kantor cabang di Hamamatsu. Tawaran ini tidak
ditampiknya.

Di Hamamatsu prestasi kerjanya tetap membaik. Ia selalu menerima reparasi
yang ditolak oleh bengkel lain. Kerjanya pun cepat memperbaiki mobil
pelanggan sehingga berjalan kembali. Karena itu, jam kerjanya larut malam,
dan terkadang sampai subuh. Otak jeniusnya tetap kreatif.

Pada zaman itu, jari-jari mobil terbuat dari kayu, hingga tidak baik meredam
goncangan. Ia punya gagasan untuk menggantikan ruji-ruji itu dengan logam.
Hasilnya luarbiasa. Ruji-ruji logamnya laku keras, dan diekspor ke seluruh
dunia. Di usia 30, Honda menandatangani patennya yang pertama.

Setelah menciptakan ruji, Honda ingin melepaskan diri dari bosnya, membuat
usaha bengkel sendiri. Ia mulai berpikir, spesialis apa yang dipilih?
Otaknya tertuju kepada pembuatan Ring Pinston, yang dihasilkan oleh
bengkelnya sendiri pada tahun 1938. Sayang, karyanya itu ditolak oleh
Toyota, karena dianggap tidak memenuhi standar. Ring buatannya tidak lentur,
dan tidak laku dijual. Ia ingat reaksi teman-temannya terhadap kegagalan
itu. Mereka menyesalkan dirinya keluar dari bengkel.

Kuliah
-------
Karena kegagalan itu, Honda jatuh sakit cukup serius. Dua bulan kemudian,
kesehatannya pulih kembali. Ia kembali memimpin bengkelnya.

Tapi, soal RingPinston itu, belum juga ada solusinya. Demi mencari jawaban,
ia kuliah lagi untuk menambah pengetahuannya tentang mesin.

Siang hari, setelah pulang kuliah - pagi hari, ia langsung ke bengkel,
mempraktekan pengetahuan yang baru diperoleh. Setelah dua tahun menjadi
mahasiswa, ia akhirnya dikeluarkan karena jarang mengikuti kuliah.

"Saya merasa sekarat, karena ketika lapar tidak diberi makan, melainkan
dijejali penjelasan bertele-tele tentang hukum makanan dan pengaruhnya,"

ujar Honda, yang gandrung balap mobil. Kepada Rektornya, ia jelaskan
maksudnya kuliah bukan mencari ijasah. Melainkan pengetahuan. Penjelasan ini
justru dianggap penghinaan.

Berkat kerja kerasnya, desain Ring Pinston-nya diterima. Pihak Toyota
memberikan kontrak, sehingga Honda berniat mendirikan pabrik. Eh malangnya,
niatan itu kandas. Jepang, karena siap perang, tidak memberikan dana. Ia pun
tidak kehabisan akal mengumpulkan modal dari sekelompok orang untuk
mendirikan pabrik. Lagi-lagi musibahdatang.
Setelah perang meletus,pabriknya terbakar dua kali.
Namun, Honda tidak patah semangat. Ia bergegas mengumpulkan karyawannya.

Mereka diperintahkan mengambil sisa kaleng bensol yang dibuang oleh kapal
Amerika Serikat, digunakan sebagai bahan mendirikan pabrik. Tanpa diduga,
gempa bumi meletus menghancurkan pabriknya, sehingga diputuskan menjual
pabrik Ring Pinstonnya ke Toyota. Setelah itu, Honda mencoba beberapa usaha
lain. Sayang semuanya gagal.

Akhirnya, tahun 1947, setelah perang Jepang kekurangan bensin. Di sini
kondisi ekonomi Jepang porak-poranda. Sampai-sampai Honda tidak dapat
menjual mobilnya untuk membeli makanan bagi keluarganya. Dalam keadaan
terdesak, ia memasang motor kecil pada sepeda. Siapa sangka, "sepeda motor"
- cikal bakal lahirnya mobil Honda - itu diminati oleh para tetangga.
Mereka berbondong-bondong memesan, sehingga Honda kehabisan stok.
Disinilah, Honda
kembali pendirikan pabrik motor. Sejak itu, kesuksesan tak pernah lepas dari
tangannya. Motor Honda berikut mobinya, menjadi "raja" jalanan dunia,
termasuk Indonesia.

Bagi Honda, janganlah melihat keberhasilan dalam menggeluti industri
otomotif. Tapi lihatlah kegagalan-kegagalan yang dialaminya. "Orang melihat
kesuksesan saya hanya satu persen. Tapi, mereka tidak melihat 99% kegagalan
saya", tuturnya. Ia memberikan petuah ketika Anda mengalami kegagalan, yaitu
mulailah bermimpi, mimpikanlah mimpi baru.

Kisah Honda ini, adalah contoh bahwa Suskes itu bisa diraih seseorang dengan
modal seadanya, tidak pintar di sekolah, ataupun berasal dari keluarga
miskin.
= = = = = = = = = = =

5 Resep keberhasilan Honda :

1. Selalulah berambisi dan berjiwa muda.

2. Hargailah teori yang sehat, temukan gagasan baru, khususkan waktu
memperbaiki produksi.

3. Senangilah pekerjaan Anda dan usahakan buat kondisi kerja Anda senyaman
mungkin.

4. Carilah irama kerja yang lancar dan harmonis.

5. Selalu ingat pentingnya penelitian dan kerja sama.

Minggu, 14 Agustus 2011

Vixion vs Satria FU 150

V-IXION menggunakan teknologi injection, sedangkan Satria F menggunakan karburator.

Pada teknologi injection atau EFI (Electronic Fuel Injection), bensin diinjeksikan ke dalam mesin menggunakan injektor dengan waktu penginjeksian (injection duration and frequency) yang dikontrol oleh komputer. Injeksi bensin disesuaikan dengan jumlah udara yang masuk, sehingga campuran ideal antara bensin dan udara akan SELALU PAS TERPENUHI sesuai dengan kondisi beban dan putaran mesin. Tujuan pengaplikasian sistem EFI adalah meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar (fuel efficiency), kinerja mesin lebih maksimal (optimal engine performance), pengendalian/pengoperasian mesin lebih mudah (easy handling), memperpanjang umur/lifetime dan daya tahan mesin (durability), serta emisi gas buang lebih rendah (low emissions).


Pada karburator, bensin dari tangki disalurkan ke ruang pelampung dalam karburator melalui pompa bensin (mekanis/elektrik) dan saringan bensin. Selanjutnya bensin masuk ke mesin melalui lubang jet dalam ruang venturi (ruang untuk menambah kecepatan aliran udara masuk ke mesin). Sehingga jumlah bensin yang masuk tergantung pada kecepatan aliran udara yang masuk dan besar lubang jet.

Dari teknologi karburator (Satria F) VS Injection (V-IXION) sudah tentu V-IXION unggul dalam keiritan bahan bakar..

Akan tetapi, dalam hal TOP SPEED dan Akselerasi jelas SATRIA F150 yang menang dri Vixion..

Motor terunik di dunia









Jumat, 12 Agustus 2011

Varian yang bakal hadir di Indonesia akan mengenakan model half fairing. Di Hindustan sepeda motor ini mendapat julukan The Fastest Indian Bike. Pada 8 Februari BAI mengundang wartawan untuk langsung merasakan sensasinya di Sirkuit Sentul, Bogor.
Pulsar 220  diimpor secara utuh dari India. Bajaj Auto mengklaim Pulsar 220 DTSi dapat mencapai kecepatan sekitar 144 km/jam — lebih kencang dibandingkan para kompetitor dari segmen sama.
Dapur pacunya dibekali digital twin spark ignition (dua busi)  4-stroke berkapasitas 220 cc mampu menghasilkan tenaga 21,04 hp pada 8.500 rpm serta torsi 19,12 Nm pada 7.000 rpm.
Akselerasi 0-60 km/jam diselesaikan dalam 4 detik. Pulsar 220 dengan konsumsi bahan bakar 42,1 km/liter di dalam kota dan 52,9 km/liter di jalan luar kota. Pergantian pada transmisi dan kopling lebih cepat, membantu perjalanan jarak jauh dengan mudah.
Pulsar 220 diluncurkan di India pada 12 Februari 2010. BajajAuto India menawarkan Pulsar 220 dengan 4 pilihan warna; Midnight Black, Plasma Blue, Cocktail Red & Mist Grey Silver. Harganya di sana sekitar Rp 13,5 juta.